About this course
Course ini mempelajari tentang social marketing, yaitu bagaimana teknik-teknik pemasaran yang biasa digunakan untuk mempromosikan produk komersial kepada konsumen kini digunakan untuk mempromosikan prilaku tertentu atau mekonstruksi prilaku tertentu. Materi yang akan dipelajari dalam course ini meliputi bentuk-bentuk prilaku, pemasaran dan pembangunan, perubahan prilaku, lingkungan, target pemasaran sosial, tujuan pemasaran sosial, strategi pemasaran sosial, dan manajemen program pemasaran sosial.
Comments (2)

Zefanya Agustinus Malahina
Social Marketing
- Pengunaan prinsip dan teknik marketing untuk mempengaruhi sejumlah target tertentu secara sukarela untuk masyarakat secara keseluruhan.
- Dalam social marketing yang dijual adalah perilaku.
- Social marketing penting untuk social development. Kesuksesan pembangunan sebuah bangsa adalah akumulasi dari etos dan kinerja warga negaranya.
- Generasi muda dapat mencobanya dan membuat masyarakat berperilaku positif dan searah dengan pembangunan.
- Perilaku warga negara yang tidak mendukung pembangunan masih banyak, sebaiknya kita menyediakan waktu untuk melakukan aksi sosial sehingga perilaku tersebut bisa perlahan hilang.
- Membangun kampanye:
- Where Are We? (menentukan fokus program, SWOT)
- Kecermatan dalam mengidentifikasi
- Evaluasi usaha sebelumnya
- Merancang dan berkreasi untuk konstruksi program yang lebih baik
- Where Do You Want to Go?
- Perlu diperhatikan: target dan demografi, setelahnya kita bisa menentukan perilaku yang ingin dibangun
- How will we get there
- 4P (products, price, place, promotion)
- How will we stay on course
- Membuat perencanaan yang lebih matang
- Membangun tim yang mampu memetakan sumber daya
- Selesaikan yang sudah kita mulai

Saat kita terlibat dalam kontak sosial, secara sadar atau tidak, kita sering mencoba membangun pemahaman tentang orang-orang di sekitar kita. Pada saat itu, kita memahami aspek fisik, psikis, sosial, spiritual, yang pada gilirannya berkembang menjadi pemahaman menyeluruh terhadap orang lain. Saat itu, karakteristik utama lawan dapat disimpulkan. Beberapa orang mungkin tampak ramah, pengertian, penurut, kuat, dan santai; yang lain mungkin tampak sombong, (maha) tahu, mendominasi, berpendirian keras, dan terlalu percaya diri. Pemasaran sosial merupakan subbidang dari ilmu sosial yang berupaya melakukan berbagai kajian tentang perubahan perilaku, khususnya mengkonstruksi perilaku positif yang membawa manfaat positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, melihat potensi manfaat positif dari program social marketing, penulis tergerak untuk menyajikan wacana dan aksi social marketing seluas-luasnya. Apalagi mengingat dunia pendidikan kini telah memasuki era baru yang lebih dinamis dari yang pernah dibayangkan sebelumnya. Sumber: (E-BOOK) Pemasaran Sosial 1&2